Waspadai Penyakit Jantung Di Usia Muda

Akhir-akhir ini banyak sekali kasus kematian akibat serangan jantung di usia muda. Salah satunya penyakit jantung koroner, penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang diakibatkan oleh penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah. Penyempitan ini disebabkan karena adanya plak yang tumbuh disekitar pembuluh darah kecil atau dikenal juga dengan sebutan pengerasan arteri. Apabila terjadi hambatan saat pemasokan darah jantung akan mengalami masalah yang sangat besar bahkan kematian.

Menurut dokter spesialis Jantung dan Pembuluh Darah yaitu Dr.Faisal Baraas dari Rumah Sakit Jantung Pusat Harapan Kita, Jakarta menyatakan jika penyempitan pembuluh darah mencapai 80% berarti hanya 20% saja yang dapat dilewati oleh darah sehingga darah akan mengental dan menggumpal. Oleh karena itu darah pun tidak dapat melewati jantung.

Penyempitan pembuluh darah pada jantung tidak memandang usia seseorang, meskipun masih muda penyempitan pembuluh darah dapat terjadi jika orang tersebut memiliki faktor resiko mengalami penyakit jantung. Adapun beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung yaitu :

Faktor Resiko Penyakit Jantung Di Usia Muda

  • Pola Makan dan Gaya Hidup yang Tidak Sehat
    Gaya hidup yang tidak sehat khususnya di daerah perkotaan menjadi pemicu penyakit jantung. Salah satunya yakni sering mengkonsumsi junk food, makanan cepat saji, rokok, alkohol, serta kurang istirahat akibat kerjaan yang menumpuk.
  • Kurang Olahraga dan Sering Mengalami Stress
    Dewasa ini banyak sekali orang-orang yang sering malas berolahraga. Nyatanya berolahraga ringan dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes dan penyakit berat lainnya.
  • Obesitas
    Berat badan yang berlebihan / tubuh terlalu gemuk memiliki resiko besar menderita serangan jantung, terutama jika anda memiliki riwayat keturunan penyakit memiliki resiko yang sangat tinggi.

Penyumbatan pada pembuluh darah sering kali tidak bisa kita rasakan dan tanpa disadari. Bila telah mengalami penyumbatan, kinerja jantung akan terganggu. Salah satu faktor yang dapat memicu serangan jantung mendadak dan sangat berbahaya yakni melakukan olahraga berat.

Olahraga berat membutuhkan aliran darah yang cepat sehingga kinerja jantung akan semakin berat. Saat terjadi penggumpalan darah, darah akan melewati pembuluh darah yang menyempit sehingga aliran darah pun akan semakin melambat. Hal ini yang sering menyebabkan kematian mendadak.

Jika anda sering mengalami nyeri dada, sering merasa letih dan lemas, nafas terengah-engah dan berat serta jantung serasa di remas sebaik nya segera periksakan diri ke dokter. Karena Pengobatan Jantung Koroner yang tepat sangat lah diperlukan agar dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*